Halau Insecure Dengan Bersyukur

Sobat, apakah kamu pernah merasa insecure? Kira-kira apa sebabnya? Lalu apa yang kamu lakukan untuk mengatasi insecure itu?

Sobat, insecure atau perasaan tak mampu atau tidak percaya diri atau cemas terhadap sesuatu sebenarnya merupakan salah satu dari naluri yang dimiliki manusia. Rasa ini akan muncul ketika seseorang merasa nyaman atau tidak aman dengan kondisi yang ada di sekitarnya.

Bagi sebagian orang, sikap insecure yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan stress, depresi, bahkan bisa menyebabkan self harm atau yang lainnya. Sehingga butuh penanganan agar seseorang dapat mengatasi rasa insecure pada dirinya. Lantas bagaimana caranya?

Sobat, sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi insecure, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa penyebab insecure yang banyak menimpa remaja saat ini. Rasa insecure muncul karena pola pikir remaja yang cenderung berpedoman kepada materi. Artinya, mereka menganggap bahwa bahagia itu ketika mereka mendapatkan materi yang diinginkan.

Sehingga, insecure yang muncul biasanya seputar harta, kecantikan, gaya hidup, pacar, atau yang sejenisnya. Hal ini merupakan dampak dari penerapan sistem sekularisme. Sebuah sistem yang memisahkan aturan agama dari kehidupan.

Sobat, ketika insecure muncul karena tidak adanya aturan agama dalam kehidupan, maka solusinya adalah mengembalikan kembali aturan agama di dalam kehidupan. Yaitu aturan agama Islam. Sebab Islam bukan hanya agama ibadah spiritual semata. Tapi Islam merupakan pedoman hidup yang mengatur semua aspek kehidupan manusia.

Dalam pandangan Islam, seorang muslim harus senantiasa bersyukur dan mencukupkan diri dengan rizki yang Allah berikan. Bersyukur juga merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Bersyukur akan membawa ketenangan hidup karena ia sangat dekat dengan sifat qonaah atau menerima pemberian dari Allah dengan ikhlas.

Bersyukur juga bisa menambah kenikmatan karena Allah menyukai orang-orang yang pandai bersyukur. Allah Swt berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah” (TQS. Al Baqarah: 172).

Dalam ayat lain juga dijelaskan, bahwa Allah Swt berfirman, “Dan (ingatlah juga), takala Rabbmu memaklumkan:”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (TQS. Ibrahim : 7).

So, yuk belajar bersyukur atas segala yang telah Allah berikan kepada kita. Mulai dari kesempatan hidup, iman, Islam, keluarga dan hal-hal yang lainnya. Bersyukur juga karena masih diberi kesempatan untuk beribadah kepadaNya. Bersyukur dengan cara yang terbaik yaitu dengan menyambut semua seruanNya di dalam setiap aktivitas. Maka dengan itu, sobat tidak akan mudah insecure hanya karena perkara materi atau perkara dunia semata. Wallahu a’lam bishawab.

Artikel Lainnya

Teroris Musiman yang Tak Berkesudahan

Jelaslah agenda WoT adalah sarana AS untuk melawan Islam dan kaum muslimin serta untuk kepentingan hegemoninya di negeri-negeri Islam. Bagian paling menyedihkan adalah dukungan penguasa negeri Islam yang berkhianat terhadap umatnya. Tidak ada keuntungan sedikitpun dari gerakan ini karena serangkaian penangkapan terduga teroris dan framing berita di media massa selama ini selalu menyudutkan Islam. Hari ini terorisme selalu diidentikkan dengan Islam.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *