Menjajal EJSC, Ruang Aktif Kreatif UMKM Fenomenal

Menjajal EJSC, Ruang Aktif Kreatif UMKM Fenomenal

 

Sudah tahu EJSC, kan? Co-Working Space terkini fasilitas gratis dari PemProv Jawa Timur. Sudah ada sejak 2020, mungkin karena efek pandemi gaungnya baru fenomenal akhir-akhir ini. Seiring pergerakan dan aktivitas di luar rumah tidak dibatasi lagi, ruang, forum dan tempat berkumpul pun semakin ramai dikunjungi. Tak terkecuali EJSC.

 

EJSC singkatan dari East Java Super Corridor, ruang aktif kreatif yang nyaman untuk pribadi yang haus aktualisasi diri, interaksi dan kolaborasi. Mempunyai fasilitas ruangan yang cukup lengkap, antara lain : ruang sekretariat, ruang rapat, co-working space, science technopark, command centre, class room & millennial cafe. Dilengkapi juga dengan fasilitas Wi-Fi gratis.

 

Sementara ini EJSC hanya didirikan di 5 kota saja, yaitu : Malang, Madiun, Jember, Bojonegoro, Pamekasan. Gedungnya berada di area kantor Bakorwil masing-masing kota tersebut. Untuk wilayah Malang sendiri sudah cukup ramai dikunjungi para kawula muda khususnya. Mulai lulusan SMA / SMK, D3, S1, semua boleh berkunjung tanpa terkecuali. 

 

Banyak juga beberapa komunitas-komunitas UMKM yang memanfaatkan fasilitas ruangan yang ada di sana. Terutama para anggota komunitas UMKM yang ingin belajar dan berdaya bersama. Para pelaku usaha yang merasa perlu untuk selalu update ilmu-ilmu baru seputar bisnis dan pengembangannya. Apapun produknya tidak menjadi bahasan serius. Justru dengan beragamnya produk dari masing-masing pelaku usaha akan menambah wawasan baru bagi peserta lainnya.

 

WPC Malang Raya

Salah satu komunitas UMKM yang sudah menjajal fasilitas ruangan di EJSC adalah WPC : Womanpreneur Community “Chapter” Malang. WPC Malang ini merupakan bagian dari WPC Pusat yang anggotanya sudah ribuan dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia. WPC (Womanpreneur Community) adalah perkumpulan sebagai wadah pemberdayaan ekonomi perempuan. WPC mempunyai visi dan misi menjadi sekolah pengembangan wirausaha perempuan Indonesia serta membukakan akses pasar lokal dan global agar mampu menjadi pengusaha perempuan yang “Berdaya, Berkarya dan Berdampak” sejak tahun 2010. Tentunya kegiatan WPC Malang juga tidak berbeda jauh dari visi dan misi WPC itu sendiri.

 

Member WPC Malang
Member WPC Malang yang mengikuti kegiatan, “Workshop internal WPC Malang” di gedung EJSC Malang.

 

Sejak terbentuk dan diresmikan oleh founder WPC Ibu Irma Sustika pada tanggal 30 Agustus 2022, WPC Malang mulai aktif berkomunikasi dan berkolaborasi. Kemudian pada tanggal 22 Desember 2022 lalu, tepat di Hari Ibu, WPC Malang yang sebagian besar anggotanya adalah para ibu, mengadakan pelatihan tatap muka perdana. Pelatihan yang diberikan seputar tentang optimasi Google Business Profile. WPC Malang menjajal salah satu ruang di EJSC yang disebut meeting room. Ruangan berkapasitas 15 orang dengan meja dan kursi memutar layaknya ruang meeting. Dilengkapi dengan proyektor LCD, Wi-Fi, sambungan listrik, dan juga AC.

 

Dilanjutkan lagi pelatihan kedua yang diadakan pada tanggal 13 Januari 2023, dengan tema “Maksimalkan Instagram Sebagai Etalase Virtual”. Kali ini WPC Malang menjajal ruang command center, yang berkapasitas 20 orang, dilengkapi tempat duduk yang lebih cozy. Dengan fasilitas hampir serupa meeting room yang nyaman, pelatihan selama 4 jam pun terasa sebentar saja. Berhubung kapasitas hanya untuk 20 orang, sedangkan anggota WPC Malang yang ingin ikut belajar hampir 50-an orang, maka pelatihan dilaksanakan offline di EJSC sekaligus online via zoom.

 

Manfaatkan Fasilitas EJSC

Dengan semakin beragamnya program pemerintah yang mendukung kegiatan masyarakat, khususnya UMKM. Sudah sepatutnya para pelaku atau praktisi dan penggerak IKM memanfaatkan fasilitas gratis ini. Selain sangat membantu perkembangan usaha dan menambah wawasan, saling bersinergi memanfaatkan EJSC juga sejalan dengan harapan dari tujuan pemerintah dalam hal ini PemProv Jatim ketika merealisasikan Co-Working Space ini.

 

Hal yang perlu diingat dalam memanfaatkan fasilitas publik semacam ini adalah dengan menjaganya. Mempergunakan fasilitas dan perlengkapan yang ada seperlunya. Menghindari dari kerusakan, kehilangan juga menjaga kebersihannya. Harapannya, masa pakai fasilitas di EJSC akan lebih lama, sehingga pemanfaatannya pun semakin optimal.

 

Semoga ke depan, semakin banyak lagi program-program positif yang direalisasikan pemerintah, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas. Agar program seperti EJSC ini terus berlanjut, berkesinambungan, yuk, kita manfaatkan dan jaga bersama!

 

Malang, Jum’at, 27 Januari 2023

 

Artikel Lainnya

Teroris Musiman yang Tak Berkesudahan

Jelaslah agenda WoT adalah sarana AS untuk melawan Islam dan kaum muslimin serta untuk kepentingan hegemoninya di negeri-negeri Islam. Bagian paling menyedihkan adalah dukungan penguasa negeri Islam yang berkhianat terhadap umatnya. Tidak ada keuntungan sedikitpun dari gerakan ini karena serangkaian penangkapan terduga teroris dan framing berita di media massa selama ini selalu menyudutkan Islam. Hari ini terorisme selalu diidentikkan dengan Islam.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *