Wiwing Noeraeni : Bulan Ramadhan, Momentum Panen Pahala

Ustadzah Wiwing Noeraeni dari Lingkar Studi Tsaqofah menjelaskan bahwa bulan Ramadhan merupakan momentum panen pahala. “Dengan niat yang ikhlas dan berusaha memperbanyak amal sholeh, maka kita benar-benar mendapatkan panen pahala di bulan suci Ramadan ini,” tuturnya dalam Kuntum Khaira Ummah, melalui kanal Youtube Muslimah Media Center (MMC) Channel, Sabtu (25/03/2023).

 

Ustadzah Wiwing menjelaskan dalil  berlipat gandanya pahala yang akan Allah Swt berikan pada Muslim yang beramal di bulan Ramadhan.“Allah Swt berfirman dalam sebuah hadits qudsi, setiap amal kebaikan manusia akan dilipatgandakan pahalanya dengan 10 hingga 700 kali lipat. Kemudian Allah Swt berfirman, kecuali puasa, amalan puasa adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalas pahalanya, hal itu karena orang yang berpuasa telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim. 

 

Di bulan suci ini pintu-pintu surga dibuka lebar, pintu neraka ditutup rapat dan setan-setan dibelenggu. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, “Saat Ramadhan tiba pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim). Imam Ibnu Hajar menyebutkan, bahwa yang dimaksud dengan setan-setan di belenggu di hadits ini, bahwasannya setan-setan ini tidak bebas mengganggu kaum muslim sebagaimana ketika di bulan lain.

 

Semestinya, kaum Muslimin tidak hanya memperbanyak amalan sunnah tapi juga yang wajib.“Kaum muslimin di bulan ini, tidak hanya memperbanyak amalan sunnah tapi juga amalan wajib. Nah ini kadang-kadang yang dilupakan, pahhala amalan wajib di bulan Ramadhan dilipatgandakan 70 kewajiban di bulan lainnya,” ujar ustaza Wiwing.

 

Beliau mencontohkan beberapa amalan sunnah dan wajib yang bisa dikerjakan di Ramadhan.“Membaca Alquran, shalat tarawih, shalat witir, shodaqoh, berbuat baik kepada yatim piatu adalah diantara contoh amalan sunnah. Yang wajib contohnya adalah mempelajari makna Alquran, mempelajari tafsir Alquran, menghafalkannya, memahami maknanya serta mendakwahkannya, dan sebagainya.” Wallahu a’lam bish showab.

Artikel Lainnya

Teroris Musiman yang Tak Berkesudahan

Jelaslah agenda WoT adalah sarana AS untuk melawan Islam dan kaum muslimin serta untuk kepentingan hegemoninya di negeri-negeri Islam. Bagian paling menyedihkan adalah dukungan penguasa negeri Islam yang berkhianat terhadap umatnya. Tidak ada keuntungan sedikitpun dari gerakan ini karena serangkaian penangkapan terduga teroris dan framing berita di media massa selama ini selalu menyudutkan Islam. Hari ini terorisme selalu diidentikkan dengan Islam.

Kajian: Tanya Jawab Akar Sampai Daun

Mengkaji Islam merupakan kewajiban sekaligus kebutuhan bagi setiap kaum muslim. Dari forum kajian seorang muslim bisa belajar hukum dan aturan yang telah Allah Swt. turunkan sebagai solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi manusia. Seperti halnya agenda rutin yang diadakan sebulan sekali oleh para muslimah di Pakem, Sleman, DIY.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *